Cara Riset Keyword Paling Jitu dan Mudah Dipahami

Cara Riset Keyword Paling Jitu dan Mudah Dipahami

 

Cara Riset Keyword Paling Jitu dan Mudah Dipahami - Jika di artikel sebelumnya tentang Cara Menulis Artikel Seo Saya hanya menjelaskan sedikit tentang Riset Keyword, maka di sini saya akan bahas secara detailnya.

Jika kalian sudah membaca artikel saya sebelumnya maka kalian sudah tidak bingung lagi tentang apa itu riset keyword. Tetapi jika kalian yang baru saja berkunjung dan menemukan artikel ini kamu sangat beruntung karena tidak semua blog menjelaskan secara detail tentang cara riset keyword atau riset kata kunci.

Oke, saya ulangi secara singkat tentang:

Apa itu Riset Keyword atau Riset Kata Kunci?

Riset Keyword adalah mencari kata yang sering dicari oleh orang di mesin pencarian google dan hal tersebut bisa dimaknai "Seo Strategi Optimation". Bukan hal lain tujuannya adalah meraup pengunjung ke website kamu.

Contoh Keyword:

Misalnya kamu mencari keyword google "cara menghilangkan sakit kepala" pasti akan muncul keyword yang serupa di bawahnya.

Seperti gambar di bawah ini dari keyword "cara menghilangkan sakit kepala" akan muncul keyword "cara menghilangkan sakit kepala dan mual", "cara menghilangkan sakit kepala sebelah" dan keyword lainnya.

Intinya keyword yang kamu cari tidak akan jauh atau melenceng dari topik.

Apa itu Riset Keyword atau Riset Kata Kunci


Mengapa Harus Riset Keyword?

Alasan mendasar mengapa harus riset keyword karena memang dengan hal tersebut kamu mengetahui keyword yang akan menjadi topik di website kamu.

Tidak Terbayang jika kamu membuat website tentang kesehatan dan membahas tentang "cara menghilangkan sakit kepala". Dengan riset keyword kamu sudah tau apa yang perlu kamu lakukan dalam website kamu.

Jika didalam website kamu terdapat lengkap tentang "cara menghilangkan sakit kepala" google pasti akan menaikkan ranking pada website kamu karena mempunyai kelengkapan informasi yang dibutuhkan.

Bagaimana Cara Riset Keyword yang Paling Tepat?

Ada beberapa cara untuk melakukan riset keyword namun saya akan memberikan 3 saja, karena dengan 3 cara ini akan membuat website kamu berada pada google one page.

3 Cara Melakukan Riset Keyword

1. Memanfaatkan Pencarian Google

Sebenarnya cara tersebut cukup ampuh karena dengan melihat di pencarian google kamu cukup tau tentang keyword yang relevan dari topik dari website yang kamu jalani.

Seperti contoh di atas. kamu cukup masuk ke browser kamu, lalu ketik Google.com dan ketik keyword yang sedang kamu cari. Maka akan muncul bebrapa keyword yang relevan dari topik yang kamu cari.

Bagaiamana, cukup simpel bukan?

2. Google Keyword Planner

Riset Keyword dengan menggunakan "google keyword planner" banyak di lakukan oleh banyak blogger atau seo master.

Karena selain produk google tool ini juga bisa kita akses dengan gratis.

Dengan menggunakan tool tersebut kamu akan mengetahui semua keyword yang menjadi topik kamu, juga akan muncul volume pencarian orang dan jumlah cpc (cost per click) pada keyword yang sedang kamu riset.

Bukannya dengan hal tersebut kamu akan lebih mudah untuk menjalankan blog kamu, selain kamu akan mendapatkan traffic dari website kamu juga akan mendapatkan bayaran karena website kamu mempunyai keyword yang berCPC (asalkan kamu terkait dengan google adsense atau affiliate lainnya).

Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Cara Menggunakan Google Keyword planner sangatlah mudah. Hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu:

1. Daftar google keyword planner: Bagi kamu yang sudah melakukan pendaftaran maka kamu tinggal melakukan langkah selanjutnya. Namun bagi kamu yang belum melakukan pendaftaran silahkan ke Goole keyword planner

Langkah Pertama silahkan sesuaikan seperti gambar di bawah.

Cara Menggunakan Google Keyword Planner
Selanjutnya kamu akan di bawa ke halaman "New Campaign" lalu Klik saja "Website Traffic" dan ikuti langkah sesuai pada gambar.

Cara Menggunakan Google Keyword Planner 2

Cara Menggunakan Google Keyword Planner 3Cara Menggunakan Google Keyword Planner 4


Setelah selesai melakukan pendaftaran silahkan kalian menuju "alat setelan" dan pilih keyword planner.

Cara Menggunakan Google Keyword Planner 5


Lalu Tentukan kata kunci yang akan kamu cari.

Cara Menggunakan Google Keyword Planner 6

Maka kamu akan menemuka hasilnya seperti pada gambar ini.

Cara Menggunakan Google Keyword Planner 7


Nah, itu adalah panduan bagaimana cara menggunkan google keyword planner.

3. Ubbersuggest

Apa Itu Ubbersuggest?

Ubbersuggest juga sama halnya seperi keyword planner, ini merupakan tool untuk pencarian keyword. Condongnya ini hanya masalah minat saja ingin menggunakan tool keyword di mana.

Namun Ubbersuggest ini adalah tool keyword berbayar, jika kamu menggunakan "free trial" atau mode gratis maka keyword yang akan di tampilkan hanyalah sedikit.

ubbersuggest

Tetapi jika kamu sudah berlangganan dengan Ubbersuggest maka kamu akan melihat lebih banyak keyword. Dan enaknya lagi kamu juga bisa melihat competitor yang serupa dengan topik kamu.

Riset Keyword Seo Friendly

Bagaiamana, Bukannya materi di atas tentang cara riset keyword seo friendly sangatlah mudah untuk di pelajari dan di praktekkan dirumah.

Intinya cari keyword kompetitor yang rendah yang junlah volume perbulannya juga tidak terlalu kecil dan tentunya berCPC agar website kamu cepat melejit ke halaman utama google (page one)

Jangan pantang menyerah untuk membangun blog yang berkualitas dan bermafaat untuk orang banyak.
LihatTutupKomentar